oleh

Lebih Dekat Dengan Joni Riko

Dikenal Kritis dan Peka Terhadap Keluhan Masyarakat

Simpel, mudah bergaul, humoris. Mungkin itu lah gambaran sekilas saat orang bertemu dengan Joni Riko, anggota DPRD Empat Lawang dari Fraksi Nasdem. Seperti apa sosoknya ?

Laporan Muhammad Iqbal Bakti – Empat Lawang

Pria kelahiran Talang Padang Kabupaten Empat Lawang 27 September 1983 ini dikenal sebagai sosok yang kritis terhadap kebijakan dan kinerja pemerintah yang dianggap merugikan rakyat, lalu lambat dalam menanggapi keluhan masyarakat.

Namanya tidak asing lagi bagi masyarakat di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’. Sebab dari lidahnya lah sering terdengar kritikan pedas kepada pemerintah atas keluhan rakyat ia terima.

Mungkin hal itu lah, membuat dirinya dipercayai masyarakat Empat Lawang, terutama dari dapil IV untuk menjadi anggota DPRD Empat Lawang hingga 2 periode sampai saat ini.

Sebab saat ini, masyarakat perlu bahkan rindu sosok anggota DPR yang lantang menyuarakan aspirasi dan keluhan rakyat. Karena dihati dan lidah para perwakilan rakyat lah harapan masyarakat agar suara mereka didengar.

“Salah satu fungsi anggota DPR yakni fungsi pengawasan, hal itu wajib dilaksankan oleh seorang anggota DPR. Kritikan yang selama ini saya lontarkan, bertujuan agar terwujudnya pengelolaan tata pemerintahan yang baik (Good Governace) bagi Pemerintah Kabupaten Empat Lawang,” ungkap Riko kepada Suara Empat Lawang, dirumahnya dengan dua cangkir kopi hangat menemani perbincangan kami.

Menurut anak dari pasangan Basri Roni dan Holifa ini, DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat yang berada di daerah untuk menyampaikan aspirasi, dan sudah sepantasnya rakyat juga ikut serta dalam mengawasi jalannya pemerintahan daerah yang tercermin dengan pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap pemerintah daerah, yang merupakan lembaga eksekutif selaku pelaksana kebijakan.

“Kepentingan rakyat harus diperjuangkan. Sebab apa, baik kepala daerah dan anggota dewan dipilih oleh rakyat,” tegas ayah dari Serli Febrianti, Jodi Bramawijaya, dan Zahra Ratu Mustika.

Bahkan, Suami Dewi Marleny ini langsung terjun kelapangan saat mandapatkan informasi adanya keluhan masyarakat. Hal itu sudah biasa ia lakukan selama menjabat sebagai anggota DPRD Empat Lawang.

Namun, Riko panggilan akrabnya, saat disinggung soal pencalonan dirinya kembali untuk anggota DPRD Empat Lawang tahun ini, ia tidak menjawab secara rinci. “Kalau persoalan Caleg, kita serahkan pilihan kepada masyarakat,” tuturnya.*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *