oleh

Viral, Video Mirip Pejabat Empat Lawang Bicara Bernuansa Politik

Bawaslu Akan Panggil Yang Bersangkutan

EMPAT LAWANG – Netralitas Aperatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan abdi negara dalam Pemilihan Presiden 2019 atau Pilpres 2019 kembali menjadi sorotan.

Kali ini disebabkan beredarnya video mirip Plt Kadinsos Empat Lawang yang dalam suatu acara seakan-akan menjanjikan jumlah bantuan kartu sembako murah bartambah jika Jokowi jadi.

Dalam video viral dimedia sosial berdurasi 60 detik, wanita memakai jilbab merah dan berkacamata yang mirip Plt Kepala Dinas Sosial Empat Lawang tersebut menyampaikan “kalau Jokowi jadi Insya Allah kartu sembako murah tambahan kita ada 60 ribu”.

Terkait video viral tersebut, Plt Kepala Dinas Sosial Empat Lawang Fafif Fortuna saat dikonfirmasi, Senin (15/4/2019) diruang kerjanya mengakui, memang benar wanita dalam video viral tersebut adalah dirinya.

“Benar dalam video itu adalah saya. Pidato itu di Desa Sukarami Kecamatan Lintang Kanan, Rabu (10/04/2019) sekitar jam 21.00 Wib,” katanya.

Menurut dirinya, sebagai ASN itu dari pukul 08.00 Wib sampai 16.00 wib kita menduduki sebagai ASN. Ketika diluar pukul 16.00 wib sudah pribadi.

“Apakah kita menggunakan atribut, apakah kita menggunakan jam kerja, itu sudah saya pelajari. Dan kita pada waktu itu, jam 09.00 atau jam 08.00 malam artinya sudah di pribadi. Kita tidak membawa Dinas Sosial, kita cuma bawa programnya jokowi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang Rudiyanto melalui anggota Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Andri Logan mengaku, sudah mengetahui dan menonton video viral mirip pejabat Empat Lawang tersebut.

“Kita sudah tahu video tersebut, nanti yang bersangkutan akan kita panggil dan akan dimintai klarifikasi,” ujarnya.

Namun, pihak Bawaslu Empat Lawang belum dapat memastikan untuk proses hukumnya. Karena masih perlu meminta klarifikasi yang bersangkutan.

“Nanti akan kita proses. Yakin lah dalam bekerja kami tidak akan ada intervensi dari pihak mana pun, atau kata lain bekerja secara profesional,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad saat Apel Kesiapan Pengawasan Pemilihan Umum 2019 dilapangan Pemkab Empat Lawang, Jum’at (12/04/2019) mengingatkan, kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Empat Lawang agar selalu berada ditengah-tengah. Dan dirinya meminta kepada Bawaslu agar mengawasi para ASN ini.

“Untuk itu saya sebagai Bupati mari kita bersama-sama mengawasi Pemilu ini, sehingga terjadilah Pemilu yang bermartabat,” ujarnya. (20)

Komentar

BACA JUGA