oleh

Satu Dokter RSUD Empat Lawang Positif Terjangkit Covid 19

SEL EMPAT LAWANG – Satu dokter Internship RSUD Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang berinisial HR dinyatakan positif terjangkit virus Covid 19.

Hal tersebut diketahui setelah hasil SWAB Litbangkes Provinsi Sumatera Selatan keluar. Dokter HR ini sementara diketahui tertular virus Covid 19 dari dokter I asal Lubuklinggau.

Jubir RSUD Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang untuk penanganan Covid 19 dr Sukma Lini didampingi Direktur RSUD Tebing Tinggi dr Devy Andrianty mengatakan, dokter HR diketahui positif Covid 19 sekitar pukul 11.00 Wib, Minggu (24/05/2020).

“Benar Empat Lawang sudah ada satu kasus Covid 19. Dokter HR tersebut terakhir jaga di RSUD Tebing Tinggi 21 April 2020 saat ini sedang isolasi mandiri disuatu tempat,” ujarnya saat melakukan jumpa pers di Kantor BPBD Empat Lawang, Senin (25/05/2020).

Dengan adanya kasus ini kata dia, tim gugus tugas telah melakukan tracking dan melaksanakan pemeriksaan awal rapid test dan selasa besok akan dilakukan tes SWAB kepada orang yang pernah kontak erat dengan dokter tersebut terutama kedua orang tuanya dan teman dokter HR.

“Kami sudah menghubungi dokter HR untuk menanyakan riwayat aktivitas yang bersangkutan dalam berapa hari terakhir ini. Kami tegaskan dokter HR tidak melaksankan shalat Idul Fitri di Masjid yang diisukan dimedia sosial,” ungkapnya.

Namun lanjut dia, memang dr HR saat hari raya Idul Fitri sempat bersilahturahmi dengan orang tuanya akan tetapi hanya sebatas sujud (Sungkem, red) dan tetap berdasarkan protokol kesahatan.

“Setelah itu dokter HR langsung pulang dan melakukan isolasi mandiri kembali. Kami tegaskan lagi yang bersangkutan tidak ikut shalat Idul Fitri berjamaah di Masjid,” tegasnya.

Saat ini ujar dia, yang berkontak erat oleh dokter HR telah diisaloasi dan akan tetap dipantau kesehatan mereka. “Ada yang isolasi di RSUD Tebing Tinggi dan ada juga yang isolasi mandiri,” tuturnya.

Terpisah, tim gugas covid 19 Empat Lawang Kuswinarto, menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik berlebihan dan tetap menjaga kesehatan.

“Masyarakat diminta untuk tetap mematuhi himbauan protokol kesehatan dari pemerintah, seperti memakai masker jika keluar rumah, Physical distancing, cuci tangan, menjaga kesehatan dan menghindari kerumunan massa” himbaunya. (20)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *