oleh

Gubernur Puji Hasil Pertanian Empat Lawang

SEL EMPAT LAWANG – Gubernur Sumsel, H Herman Deru melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (26/09/2020). Kegiatan gubernur antara lain Panen Raya Padi di Desa Muara Pinang Lama, Kecamatan Muara Pinang.

Selanjutnya Gubernur didampingi Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dan rombongan menuju Desa Tanjung Raman, Kecamatan Pendopo memberikan bantuan kepada korban bencana kebakaran.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, pemerintah perlu mendukung dan membantu para petani sehingga hasil panen bisa maksimal.

“Saya pernah ke Brunei Darussalam belajar pertanian. Disana ada gunung, irigasi dan alat, tapi bedanya mereka pakai mesin. Namun hasilnya hanya 1 ton, kalah dengan Muara Pinang yang sampai 6 ton. Beda dengan di Thailand karena sudah bisa ekspor,” kata Gubernur.

Gubernur ingin Empat Lawang terkenal dan menjadi daerah lumbung pangan karena sumber daya alamnya lengkap. Para petani juga harus disiplin dan ilmu serta bantuan yang diberikan oleh pemerintah dimanfaatkan dengan baik.

“Saya ingin para petani disiplin. Hasil panen 6 ton gabah kering di Muara Pinang ini sudah bagus. Kedepan mungkin bisa lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanam tabulampot sehingga tidak kekurangan sayur-sayuran. Mengenai Covid-19 masyarakat jangan sampai berhenti aktifitas namun tetap disiplin protokol kesehatan.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel atas perhatiannya kepada Empat Lawang, salah satunya memberikan Bangub Rp80 miliar.

“Luas areal sawah di Empat Lawang sekitar 13.388 hektar. Irigasi lintang kiri sudah dibangun, namun cetak sawah tertunda karena covid-19. Mudah-mudahan tahun depan bisa direalisasikan,” kata Bupati.

Saluran irigasi lintang kiri, kata Joncik ada yang dilubangi oleh oknum warga. Dirinya minta kepada kades untuk ditambal segera, titik kebocorannya berada di 3 desa.

“Untuk di Muara Pinang ini hasil sekali panen bisa mencapai 6 ton gabah kering. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih banyak lagi sehingga petani bisa sejahtera,” imbuhnya.

Kedatangan Gubernur juga memberikan bantuan 50 kg benih padi, 3 unit power theresser, 3 paket unit pengolah pupuk organik (UPPO) kepada beberapa kelompok tani di Empat Lawang. (20)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *