oleh

Sosialisasikan Pilkades Serentak 2021

Caption : tampak suasana sosialisasi pilkades di Kecamatan Paiker.

SEL Empat Lawang – Mensikapi pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pembedayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DPMDP3A) mengadakan sosialisasi ke kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) pada hari ini (23/11) dengan narasumber Yunidi dari ekspektorat Empat Lawang dan Sobri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Empat Lawang.

Perserta yang hadir berasal 15 desa yang ada di Paiker. Masing-masing desa dihadiri oleh 5 orang yang terdiri dari kepala desa, ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda atau perempuan.

Diketahui di kecamatan Paiker ada 9 desa yang bakal menyelenggarakan pilkades yaitu Muara Aman, Padang Bindu, Padang Gelai, Talang Randai, Keban Jati, Lawang Agung, Pagar Jati, Penantian dan Talang Padang.

Dalam penjelasannya Yunidi mengatakan BPD harus segera membuat surat pemberitahuan kepada kepala desa yang disampaikan 6 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan.

“Selanjutnya setelah 10 hari pemberitahuan BPD membentuk panitia pemilihan kepala desa serta kepala desa membuat laporan akhir masa jabatan kepada bupati,”Ungkapnya.

Sementara Sobri menjelaskan agar BPD dan panitia pilkades dalam pelaksanaan tahap demi tahap pilkades harus menggunakan protokol kesehatan demi menghindari penyebaran covid 19.

“Tetap mentaati protokol kesehatan demi memutuskan penyebaran mata rantai virus covid-19,”Jelasnya.

Sementara Noperman Subhi camat Paiker berharapan pilkades berjalan seperti yang diharapkan, masyarakat menyambut pilkades selayaknya pesta demokrasi, disambut antusias oleh masyarakat guna mencari pemimpin yang sesuai dengan pilihan masyarakat serta tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Jangan sampai pilkades secara tidak sengaja menjadi ajang penyebaran covid 19,sedangkan Parman sebagai ketua sosialisasi siap sedia melayani masyarakat yang ingin bertanya tentang pilkades,”Ucapnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *