oleh

Layang Layang Berpotensi Mengganggu Jaringan Kabel PLN

Caption : permainan layang layang masih dimaikan anak anak di kecamatan Tebing Tinggi.

SEL,Empat Lawang – Salah satu permainan tradisional yang bernama layang layang masih dimaikan oleh anak anak zaman sekarang.

Permainan yang dimainkan dengan cara diterbangkan menggunakan benang nylon,dengan cara satu memegangkan layang layang dan satu nya memegang benang nylon untuk ditarik sambil menunggu angin datang.

Setibanya diudara layang layang bisa disetir atau dikendalikan oleh pemain dengan menarik ulurkan benang nylon yang sudah diikatkan ke layang layang bak pilot pesawat terbang yang bebas terbang diudara.

Bukan anak anak saja yang memaikan akan tetapi orang dewasa juga memaikan permainan layang layang.

Namun pantuan wartawan dilapangan,permainan layang layang ini sering kali menyangkut dikabal jalur rumah bahwan jalur utama pln,sehingga sering terjadi penumpukan layang layang maupun benang nylon dikabel PLN yang besar kemungkinan bisa menyentrum dan mengelupasnya kabal tersebut.

Hal ini perlu pengawasan dan himbauan dari instansi terkait agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Permainan ini musiman biasanya dimusim panas karena selain tidak membuat layang layang basah juga angin begitu kencang,”Kata Habibi yang melihat permainan layang layang,Kamis (25/2).

Layang layang terbuat dari plastik dan juga bisa dari kertas minyak,sedangkan kerangkanya dibuat dari potongan bambu yang ditiriskan berbentuk angka tambah dan disatukan menjadi layang layang.

Pemain layang layang,Dimas (9) mengatakan permainan layang layang seru.bisa mengendalikan layang layang diudara dari bawah.

“Bisa diatur kemana saja yang kita suka,”Katanya sambil memainkan layang layang.tuturnya.

Komentar