oleh

Diskominfo Gandeng Organisasi Wartawan, Gelar Sosialisasi KIM Dilingkup OPD

SEL EMPAT LAWANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Empat Lawang laksanakan giat osialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). dilingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kamis(29/04/2821).

Keberadaan KIM itu sendiri bertujuan untuk membentengi masyarakat dari informasi atau berita-berita hoax. Serta mengedukasi masyarakat untuk interaktif dalam memberika. Serta menerima informasi baik itu yang disampaikan oleh pemerintah melalui Media Cetak, Online dan Elektronik. Dengan demikian komunikasi Dua arah benar-benar berjalan. Sehingga tujuan KIM mengajak masyarakat cerdas dalam menerima informasi untuk kemajuan daerah bisa tercapai.

“Keberadaan KIM nantinya bisa memberikan angin segar bagi masyarakat dalam menghadapi eradigitalisasi saat ini. Sehingga i formasi yang tersebar bisa disaring dengan benar. Sehingga masyarakat akan lebih cerdas didalam memenej informasi yang membawa kepada kemajuan,”kata Pj.Sekda Empat Lawang. Indra Sefawi.

Masih kata Indera Sefawi, pihaknya berharap kedepan KIM disetiap Kecamatan Desa, dan Kelurahan perlahan-lahan harus segera terbentuk. Dengan adanya KIM maka akan memberikan timbal balik antara masyarakat, Pemerintahan serta wartawan akan terjalin dengan baik. Sehingga informasi-informasi yang diterima oleh masyarakat benar-benar valid.

“Melalui sosilaisasi KIM ini, kedepannya bisa memberika edukasi dan desiminasi informasi yang mencerdaskan masyarakat. Selain iti juga informasi dari pemerintah bisa tersampaikan,” Ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Diskominfo Empat Lawang, Agus Rahmad Basuki didampingi Kabid Kominfo Rustam Efendi, menjelaskan. Keberadaan KIM kedepannya akan jadi perhatian serius. Dan merupakan program dari Kementrian Kominfo yang di gawangi oleh seluruh instansi pemerintah yang ada di indonesia umumnya dan empat khususnya. Program ini sendiri bertujuan mewujudkan masyarakat yang aktip dan peka terhadap informasi.

“Keberadaan KIM ini bertujuan menciptakan yang aktif dan inovatuf dalam menyampaikan serta menerima i formasi baik itu informasi dari Pemerintah maupun melalui informasi dari Media,”terangnya.

Acara ini Sosialisasi KIM sendiri menghadirkan Dua Narasumber yakni dari organisasi PWI Dan SMSI Empat Lawang. Dimana peran Media memeliki fungsi vital dalam penyampaian informasi diera sekarang.

“Narasumber ini Ketua PWI Lawang dan Ketua SMSI Empat Lawang. Sebab kawan-kawan dari media inilah yang menjafi mitra utama kita (Pemerintah,red) untuk menyampaikan informasi yang membangun bagi masyarakat, Secara otomatis tujuan dan program pemerintah akan lebih leluasa dan jelas diketahui oleh masyarkat,” ujar Agus Basuki Rahmad.

Terpisah salah satu narasumber sosialisasi KIM, Ketua SMSI Empat Lawang, Arwin Za, munuturkan keberadaan KIM sangatlah menguntungkan bagi pemerintah serta masyarakat terutama bagi Media. Sebab ketika informasi terbuka dan terbangun dengan baik. Maka sasaran utama untuk memerangi informasi Hoax bisa tercapai, artinya masyarakat akan lebih cerdas memilih serta menbagikan informasi yang menjurus pada kemajuan dan Inovatif. Dengan begitu langkah awal pemerintah dalam mengajak seluruh stakholder berperan aktif membangun serta mewujudkan program pemerintah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati. Akan benar-benar tercapai.

“Saya mewakili organisas SMSI sangat mendukung kegiatan KIM ini, Artinya kemintraan pemerintah dengan Media bisa terjalin erat dan hasilnya akan mampu mengedukasi masyarakat dalm beperan aktif memberikan informasi untuk kemajuan daerah. Namun tetap berfungsi sebagai kontrol sosial terhadap pemerintah, agar laju pemerintahan sesuai dengan harapan bersama,” terang Erwin

Hal senada disampaikan Ketua PWI Empat Lawang, Beni Syafrin, adanya sosialisasi KIM merupakan cikal bakal keseriusan pemerintah dalam mengajak masyarakat serta Media sebagai liding sektor mitra penyebar informasi. Namun yang paling penting KIM itu sendiri harus terbangun dengan jelas, sehingga mata rantai informasi dari Pemerintah ke masyarakat tidak terputus. Dan yang paling penting bahwasanya Media itu hadir ditengah pemerintah dan masyarakat sebagai untuk memberikan satu kebaikan.

“Dalam kesempatan ini saya selaku Ketua PWI dan sekaligus Narasumber dalam acara KIM ini, ingin menyampaikan bahwasanya keberadaan Media bekerja sebagai kontrol sosial. Serta berperan serta untuk mengedukasi masyarakat Empat Lawang dalam hal menerima serta menyebarkan formasi yang benar dan jelas dasarnya bukan berita Hoax,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *