oleh

Irjen Pol Drs Toni Hermanto MH Jabat Kapolda Sumsel Yang Baru

SEL.EMPAT LAWANG – Tongkat Komando Musi I yang sebelumnya di jabat Irjen Pol Prof Eko Indra Heri S M.M berganti tertuang dalam nomor ST/1701/VIII/KEP2021 yang diteken AsSDM Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada, Selasa (25/8) kemarin.

Irjen Eko Indra Heri digantikan oleh Irjen Pol Drs. Toni Hermanto M.H, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat dan sekarang ditunjuk mengisi jabatan baru yang ditinggalkan oleh Eko Indra Heri.

Sementara itu, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, menurut surat telegram Kapolri diangkat menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri.

Sebelumnya, Irjen Eko Indra Heri sempat menjadi sorotan publik atas kasus sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio.

Saat itu, publik dibuat tercengang dengan sumbangan dengan nilai fantastis yang dirilis oleh Polda Sumsel. Setelah itu, banyak pertanyaan soal siapa keluarga Akidi Tio yang begitu dermawan menyumbangkan uang Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.

Setelah beberapa hari ditunggu, sumbangan tak kunjung ditransfer. Akhirnya, Polda Sumsel menangkap anak Akidi Tio, Heryanti Tio.Tak lama kemudian, muncul bilyet Bank yang tertulis Rp 2 triliun untuk sumbangan ini.

Setelah PPATK turun tangan menelusuri kebenaran dan keabsahan bilyet itu. Akhirnya diketahui itu bilyet kosong.

Mabes Polri lalu menurunkan tim internal dari Itwasum Polri dan Paminal Div Propam Polri untuk mendalami kejadian ini. Tim lalu menyampaikan laporan ke Kapolri terkait hasil pemeriksaan terhadap Kapolda Sumsel.(2106)

Komentar