oleh

Terkait Demo Pungli PKH, H.Rachmat : Hanya Allah Yang Tau

SEL.EMPAT LAWANG | Puluhan warga Desa Babatan Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan melakukan orasi di kantor Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, Selasa (06/10/2021), terkait punggutan liar, baik Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST).

Adapun poin permintaan dari warga Babatan Kecamatan Lintang Kanan kepada Dinas Sosial diantaranya : 1. Ganti pendamping yang pungli. 2. Awasi E-Warung yang nakal. 3. Benahi data DTKS.

Yunita perwakilan masyarakat Babatan yang ikut menggeruduk kantor Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang menyampaikan keluh kesahnya terkait banyaknya temuan,baik dugaan pungli, permintaan nomor pin dari pendamping saat pengecekan saldo, serta mendesak Kepala Dinas untuk menganti pendamping yang tidak profesional.

“Saya masih punya tanggungan anak tiga (3). Dari bulan 3 kartu saya terblokir, kenapa tidak dari dulu kalau terblokir. Untuk itu kami berharap pendamping PKH serta Agen E-Warung untuk di ganti,” Harap Yuni saat di wawancarai selepas demontrasi.

Kepala Dinas Sosial Eka Agustina melalui Sekretaris Dinsos Empat Lawang melalui H.Rachmat Riyandi saat di konfirmasi terkait aksi unjuk rasa warga Desa Babatan, Kabupaten Empat Lawang menyampaikan.” Kami selalu mengawasi sesuai intruksi kemensos,apabila ditemukan penyimpangan kami akan bina, seperti Bapak dan anaklah. sesuai tahapan dan kesalahan,

Kalau ada pungutan menyalahi aturan dan akan ada sangsi secara berjenjang, kita tegur dulu karena pendamping ini anak kami, kalau mereka bisa di beneri kami beneri.” Ungkap Sekretaris Dinas Sosial.

Saat di desak untuk tindakan tegas dari Dinsos apabila di temukan bukti, oknum yang melakukan pungli atau pemotongan bantuan apakah akan serahkan ke tim saber pungli untuk di proses sesuai hukum yang berlaku, H.Rachmat Riyandi menjawab.” Belum sampai ke sana (akan di bina secara bertahap dan berjenjang) Kalu yang seperti itu mungkin ada satu dua orang, hanya Allah yang tau,” ucap H. Rachmat kepada awak media.(Red/2106)

Foto : Aksi demonstrasi warga Lintang Kanan di halaman Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *