oleh

Tuntut Kecurang Pilkades Desa Suka Dana, 1.267 Warga Meminta Dilakukan Pemilihan Ulang

#Tuntut kecurangan Pilkades ratusan massa 3 kandidat meminta dilakukan pemilihan ulang. Mediasi berlangsung diruang Camat Muara Pinang Kabupten Empat Lawang.

SUARAEMPATLAWANG.COM

Muara Pinang- Ratusan massa dari 3 kandidat calon kades memadati halaman kantor Camat Muara Pinang Kabupten Empat Lawang Sumatera Selatan pada Selasa, (12/7/2022).

Adapun kedatangan massa dari desa Suka Dana tersebut selain menuntut dilakukan pemilihan ulang pemilihan kepala desa Suka Dana juga meminta aparat penegak hukum mengusut kecurangan pilkades serentak di Suka Dana pada 28/6/2022.

Kecurangan yang di tuntut diantaranya pemalsuan dokumen, Menghilangkan hak pilih masyarakat, Banyak pemilih yang masih di bawah umur, Pemilih yang tidak berdomisili di desa setempat namun masih di izinkan panita untuk memberikan hak suara.

“Kami meminta demi keadilan agar di lakukan pemilihan ulang di desa Suka Dana, karena banyaknya kecurangan, diantaranya 50 orang pemilih bukan warga Suka Dana, adanya pemilih di bawah umur, TPS yang di letakan di ujung desa, dalam 1 kk ada yang tidak di perbolehkan memilih serta keberpihakan panitia pilkades sehingga memenangkan calon kades nomor urut 2,” ucap Ican warga Suka Dana.

Para demonstran juga meminta para panitia untuk di proses secara hukum karena sudah membuat demokrasi di Kabupaten Empat Lawang buruk dengan berpihak ke salah satu kandidat kades.

“Kita minta dilakukan pemilihan ulang dan panitia yang melakukan kecurangan di tuntut secara hukum. Kami ketiga pendukung kandidat berjumlah 1.267 orang lebih sedangkan nomor urut 2 mendapat suara sebanyak 556. Kami tidak mau kedepan kecurangan-kecurangan dalam pemilihan kepala desa terus terjadi di desa kami,” ungkap perwakilan masyarakat Suka Dana.

Saat ini proses mediasi yang di lakukan Camat Muara Pinang Paizal Hendrawan, SE, dengan para kandidat ketiga calon dan panitia masih berjalan alot dengan penjagaan puluhan personil Polisi dan TNI.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *