oleh

Proyek Meubeler Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang Tidak Transparan, Markup Harga, Monopoli Pemenang Hingga Kualitas Barang Dipertanyakan

SUARAEMPATLAWANG.COM

Pengadaan meubeler tahun 2022 pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang belum rampung di distribusikan ke sekolah-sekolah.

Seperti yang terlihat dibeberapa Sekolah Dasar Negeri, mendapat bantuan meubeler berupa meja belajar siswa, kursi siswa, meja guru, kursi guru, lemari baca, lemari kaca, papan tulis hingga kotak sampah.

Kepala Sekolah yang meminta namanya tidak di sebutkan membenarkan bantuan meubeler telah tiba di sekolahnya namun untuk jumlah pastinya ia simpan di handphone yang tertinggal dirumah.” Iya sudah beberapa kali barang-barang (meubeler) tiba disekolah, namun untuk jumlah barang ada di hp,” terangnya.

Menurut Kepsek, nantinya barang tersebut akan dipergunakan oleh para siswa dan guru, baik di kelas maupun ruang laboratorium dan ruang perpustakaan.

Sayangnya puluhan paket proyek pengadaan meubeler untuk Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari dana DAK tidak dipublikasikan sehingga ditakutkan rawan penyimpangan, monopoli dalam penunjukan pemenang, markup harga satuan barang hingga kualitas barang.

Sirup LKPP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang hanya menampilkan beberapa proyek pengadaan meubeler untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bernilai miliaran rupiah.

Informasi yang beredar, untuk pengadaan proyek meubeler Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan dengan penunjukan langsung, yang mana dalam satu paket pengadaan meubeler untuk satu sekolah, Dinas Pendidikan sekurangnya menunjuk 2-5 CV berbeda.

Beberapa kontrak pengadaan meubeler diketahui telah habis kontrak sejak 1 Oktober 2022, namun sampai berita ini diterbitkan suplai barang meubeler masih belum selesai 100 persen.

PPTK bidang SD Bapak Fuji saat ditanyakan terkait tidak dicantumkannya pengadaan proyek meubeler bidang SD di Sirup LKPP, berapa nilai proyek engan menjawab pesan yang dikirim awak media walaupun sudah pesan yang dikirim ceklis 2 biru (dibaca), Sabtu 29/10/2022.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *