oleh

Rakorda Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se Sum-Sel

SUARAEMPATLAWANG.COM

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se-Sumsel dihadiri 150 personil petugas Damkar dari 17 Kabupaten/kota, Kamis (17/11/2022).

Dengan Rakorda ini, diharapkan adanya peningkatan didalam lembaga pemadam kebakaran, baik dari segi sarana maupun prasarananya dan bencana kebakarannya menurun, itu artinya sosialisasi di masyarakat sudah berhasil.

Lembaga dari damkar ini diharapkan untuk dibentuk lembaga di seluruh kabupaten/kota, agar dapat memenuhi kewajiban pemerintah dalam menanggulangi bencana kebakaran.

Hal tersebut diungkap Drs. Edi Suharmanto Direktur MPBK Kemendagri dihadapan para personil PBK se Sumsel yang mengikuti rakorda.

Begitupun keahlian dari anggota damkar yang ada dan pengetahuan mengenai peralatan damkar harus tersedia guna menunjang kegiatan operasional damkar.

“Pengidentifikasian peralatan yang dibutuhkan dalam penanganan bencana kebakaran agar sesuai dengan kebutuhan untuk menangani bencana kebakaran dan dapat diajukan untuk memenuhi kebutuhan peralatan pemadam kebakaran yang dibutuhkan,

SDM ASN seharusnya 30% dari ketersedian SDM. Untuk damkar perlu berbahagia dan bersyukur kepada Allah SWT karena di damkar ada PPPK nya,” tegas Drs. Edi Suharmanto Direktur MPBK Kemendagri dihadapan seluruh Kepala Dinas Damkar mandiri maupun yang masih bergabung dengan Satpol-PP maupun BPBD se Sumsel.

Edi Suharmanto mengajak para personel Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan berkoordinasi dengan OPD lain agar dapat mengatasi kebakaran lebih optimal dan tidak terjadi hambatan saat melakukan operasi memadamkan kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang Evi Ferilina, SE., MM, tampak hadir dan melakukan tes drive mobil Fire Max keliling tambak iwak Palembang bersama Kepala Bidang Damkar Sumatera Selatan.

Saat ini Kabupaten Empat Lawang menempati urutan ke-4 sebagai dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang telah mandiri/tidak bergabung dengan dinas Pol-PP ataupun BPBD.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *