oleh

Apa Itu Predikat Summa Cumlaude Yang Diraih Joncik Muhammad Bupati Empat Lawang di Unnisula Semarang

SUARAEMPATLAWANG.COM

Summa Cum Laude merupakan predikat lulus dengan predikat Kehormatan Tertinggi atau With Highest Praise.

Para pemegang Summa Cum Laude memiliki nilai sempurna untuk semua mata kuliah. Mereka juga tidak pernah gagal dalam mata kuliah dan lulus tepat waktu.

Summa Cum Laude adalah jenis Cumlaude terbaik yang menunjukkan kualitas kejeniusan seseorang.

Salah satunya lulus dengan predikat Summa Cumlaude diraih Joncik Muhammad. Bupati Empat Lawang  berhasil lulus dan meraih nilai 3,93 (Summa Cumlaude) saat mengikuti sidang terbuka promosi gelar doktor di Universitas Islam Sultan Agung Semarang pada Sabtu, (28/1/20223).

Untuk mendapatkan predikat Summa Cum Laude mahasiswa harus bisa meraih IPK diatas 3,90 atau sempurna, yaitu 4,00.

Cara Meraih IPK Cum Laude, Magna Cum Laude, dan Summa Cum Laude. Menurut situs Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Universitas Medan Area, berikut empat tips meraih IPK cum laude yang bisa mahasiswa coba.

1. Aktif dalam Pembelajaran

Untuk memperoleh IPK yang tinggi, salah satu cara adalah dengan aktif di kelas. Biasanya, dosen akan melihat mahasiswa-mahasiswi yang aktif pada saat jam pembelajaran dan akan memberikan nilai tambahan.

Nilai ini akan membantu mendongkrak IPK kamu menjadi tinggi.

2. Kumpulkan Tugas Sesuai Tenggat Waktu

Penting namun kerap terlupa, kamu wajib mengumpulkan tugas sesuai deadline atau tenggat waktu. Tugas bukanlah hal sepele yang bisa dilupakan, karena akan mempengaruhi nilai dan IPK.

Selain tugas, dosen juga akan menilai kedisiplinan melalui pengumpulan tugas yang sesuai tenggat. Pengumpulan tugas melebihi waktu yang telah ditentukan sering kali tidak diterima oleh para dosen, atau bisa menurunkan nilai dibanding mahasiswa lain yang mengumpulkan tepat waktu.

3. Perhatikan Penilaian SKS

Selain belajar yang tekun, mahasiswa juga perlu memperhatikan bobot Satuan Kredit Semester (SKS) dari setiap mata kuliah yang diambil. Semakin besar bobot SKS pada sebuah mata kuliah, semakin besar pengaruhnya pada IPK kelak.

Untuk mata kuliah dengan bobot SKS tinggi seperti 3- 4 SKS, contohnya, bisa diusahakan untuk mendapat nilai A atau B.

4. Perhatikan Standar Penilaian

Sedari semester awal, mahasiswa perlu mengamati serta memperhatikan standar penilaian di setiap mata kuliah. Standar penilaian biasanya digunakan sebagai kriteria mekanisme penilaian yang dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *