oleh

Dinkes Empat Lawang Studi Banding Ke Semarang

SUARAEMPATLAWANG.COM

Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan yang dikomandoi Hj Hepy Safriani Joncik, SKM., M.Kes melakukan studi banding ke Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang Jawa Tengah.

Ikut dalam rombongan Kadinkes diantaranya Direktur RSUD Empat Lawang dr Devy Andrianty, Kepala Bidang Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas se- Kabupaten Empat Lawang, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ice.

Banyak tempat dikunjungi para pejabat Dinkes Empat Lawang, tak hanya menyambangi Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas Halmahera Semarang, Puskesmas Pandanaran juga dikunjungi.

Di kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang, Hj Hepy Safriani mengungkapkan studi banding ke Dinas Kesehatan Semarang bertujuan menyerap ilmu karena rata-rata Puskesmas di Semarang sudah akreditasi Purna sedangkan di Kabupaten Empat Lawang masih banyak yang akreditasi Madya dan belum ada satu pun Puskesmas yang ada di 10 Kecamatan yang BLUD.

“Studi banding ini bertujuan untuk belajar yang mana kabupaten Empat Lawang mempunyai 10 puskesmas yang semuanya belum BLUD, disini kami ingin belajar bagaimana caranya menjadikan Puskesmas menjadi BLUD dan juga rata-rata disini Puskesmas sudah akreditasi Purna sedangkan di empat lawang masih Madya,” ucap Kadinkes Empat Lawang.

Badan Layanan Umum Daerah yang selanjutnya disingkat BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibitas dalam pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Puskesmas Halmahera melayani pelayanan Rawat Jalan,Bersalin dan pelayanan Rawat Inap,dan juga sebagai Rujukan antara sebelum dirujuk ke Rumah Sakit.

Puskesmas Halmahera terletak di Jl. Halmahera Raya No. 38 Kelurahan Karangtempel Kec. Semarang Timur , Semarang disambangi oleh Hj Hepy bersama rombongan pada, Jum’at, (27/1).