oleh

Bawaslu Empat Lawang punya Korsek Baru, Sosok Inovatif, Humble dan Termuda di Sumatera Selatan

SUARAEMPATLAWANG.COM

Palembang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan menunjuk Aldiwan Haira Putra, S.STP, MPA menjabat sebagai Koordinator Sekretariat (Korsek) di lingkungan Bawaslu Kabupaten Empat Lawang.

Penunjukan ini melalui surat keputusan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel Nomor 118/KP.04/SS/04/2024 Surat Tertanggal 20 April 2024 yang berisi tentang pemberhentian dan pengangkatan Korsek di lingkungan Bawaslu Empat Lawang.

Pergantian pejabat di lingkungan Bawaslu ini dibenarkan oleh Ketua Bawaslu Empat Lawang Rodi Karnain.

Menurutnya, rotasi dalam organisasi itu merupakan hal biasa karena tujuannya untuk penyegaran tugas dan perbaikan kinerja.

“Kami melihat saudara Aldiwan ini adalah yang paling tepat untuk memimpin Sekretariat Bawaslu Empat Lawang ini,” kata Rodi Karnain, Jumat, 26 April 2024.

Sementara itu, Aldiwan Haira Putra, S.STP, MPA yang saat ini menjabat sebagai Lurah Tanjung Kupang mengaku bahwa sebagai ASN dirinya siap ditempatkan dimana saja, termasuk di Bawaslu Empat Lawang.

“Ini tugas yang sangat berat bagi saya karena tanggungjawabnya besar sekali dan pasti akan sangat melelahkan. Namun karena ini perintah ya saya bismillah saja, apalagi mendapat support penuh dari Pak Pj Bupati Empat Lawang dan Pak Camat selaku atasan lansung saya. Bismillah mohon doanya,” kata Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2017 itu.

Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) ini menjelaskan dalam waktu dekat akan segera melakukan koordinasi ke stakeholder terkait dan melakukan evaluasi internal.

Dalam waktu dekat, Aldiwan mengaku akan bersilaturahmi bersama pihak Kejaksaan, Polres Empat Lawang, Pejabat Bawaslu Empat Lawang yang lama, dan termasuk ke senior-senior Kasek/Korsek Bawaslu se-Sumsel.

“Saya mohon arahan dan bimbingan dari mereka keena saya yang paling junior dan paling muda sehingga masih harus banyak belajar. Karena target kita Empat Lawang zero konflik sehingga keluar dari zona merah pilkada,” kata Pria Kelahiran Kerinci 05 April 1995 ini.

Sekedar mengetahui, sosok Aldiwan Haira Putra, S.STP, MPA atau yang akrab disapa Diwan ini sosok yang tidak asing lagi di lingkungan Pemerintahan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Mantan Kasubag Protokol Setdakab Empat Lawang Era Bupati Joncik Muhammad ini merupakan ASN Inspiratif dengan segudang prestasi tingkat nasional.

Aldiwan pernah membawa harum nama Empat Lawang pada ajang Anugerah ASN 2019 yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB.

Serta mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari BKN RI hingga diundang Oleh Wakil Presiden ke Istana Negara untuk mempresentasikan Inovasiny dalam penyelenggaraan Pemerintahan di daerah.

Untuk diketahui Koordinator Sekretariat (Kepala Sekretariat bagi Satker Bawaslu) adalah pimpinan tertinggi dilingkup Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota yang bertugas memimpin ASN/Pegawai di lingkup sekretariat dan bertanggungjawab kepada Komisioner Bawaslu.

Selain menunjuk Aldiwan, Bawaslu Sumsel juga menunjuk Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dan tiga orang Kasubag Baru di Lingkup Sekretariat Bawaslu Kabupaten Empat Lawang.