oleh

Setahun Dana Desa di Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang Digunakan Hingga Rp 92 Jutaan Untuk Pelatihan, Belum Operasional Pemdes, Masyarakat Dapat Apa ?

SUARAEMPATLAWANG.COM

Dalam setahun Desa di Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan melakukan pelatihan yang mengunakan anggaran dana desa hingga Rp 92.966.000 (Delapan puluh satu juta lima ratus enam puluh ribu). Pelatihan tersebut disinyalir hanya diikuti perangkat dan kader posyandu.

•Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (untuk Masyarakat, Tenaga Kesehatan, Kader Kesehatan, dll) jumlah Peserta Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (Sosialisasi Perlindungan sosial terhadap jaminan Kesehatan dalam Upaya Penurunan dan Pencegahan stunting) Rp 8.261.000.

•Jumlah Peserta Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (Pelatihan Kader Posyandu dalam penanganan anak berkebutuhan khusus di desa) Rp 12.595.000.

•Pembinaan Kemasyarakatan Desa Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/Ketertiban oleh Pemerintah Desa (Satlinmas desa)

Jumlah Peserta Pelatihan Tenaga Keamanan/Ketertiban Pemerintah Desa (Pengadaan Peralatan dan seragam linmas Desa) Rp 3.536.000.

•Prasarana Kantor Lainnya (Pengadaan alat pemadam kebakaran) Rp 11.401.000

•Pelaksanaan Pembangunan Desa Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (untuk Masyarakat, Tenaga Kesehatan, Kader Kesehatan, dll)

Jumlah Peserta Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (pelatihan peningkatan kapasitas tim percepatan penurunan stunting (tpps ) DESA) Rp 9.966.000.

•Pembinaan Kemasyarakatan Desa Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/Ketertiban oleh Pemerintah Desa (Satlinmas desa)

Jumlah Peserta Pelatihan Tenaga Keamanan/Ketertiban Pemerintah Desa (pelatihan sotk dan administrasi pemerintahan desa) Rp 9.966.000.

•Pelatihan/Penyuluhan/Sosialisasi kepada Masyarakat di Bidang Hukum dan Pelindungan Masyarakat jumlah Peserta Pelatihan/Penyuluhan/Sosialisasi kepada Masyarakat di Bidang Hukum dan Pelindungan Masyarakat (Sosialisasi perlindungan Kepada Masyarakat di Bidang Hukum) Rp 7.900.000.

•Jumlah Peserta Peningkatan kapasitas perangkat Desa (Pelatihan pemadam kebakaran) Rp 9.241.000.

•Pelatihan Pengelolaan BUM Desa (Pelatihan yang dilaksanakan oleh Desa) jumlah Peserta Pelatihan Pengelolaan BUM Desa (Pelatihan yang dilaksanakan oleh Desa) (Pelatihan pengelolaan bumdes) Rp 6.700.000.

Pemberdayaan Masyarakat Desa Peningkatan kapasitas perangkat Desa jumlah Peserta Peningkatan kapasitas perangkat Desa (Bimbingan tehnis inventaris aset desa) Rp 13.400.000.

Belum lagi uang operasional Pemerintah Desa yang mencapai hingga Rp 35.719.620 per desa. Ditambah Pembuatan Poster/Baliho Informasi penetapan/LPJ APBDes untuk Warga, senilai Rp 9.371.000 membuat dana yang tidak dinikmati langsung oleh masyarakat begitu besar.

Bandingkan dengan alokasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang hanya Rp 122.400.000 untuk 34 orang KPM (Keluarga Penerima Manfaat), anggaran yang diterima masyarakat lebih sedikit dari Operasional maupun pelatihan yang dianggarkan desa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *