oleh

Buat Sumur Bor Pemdes Puntang Kecamatan Sikap Dalam Habiskan Rp 239 Juta, Pisra : Mahal…

SUARAEMPATLAWANG.COM

Pengunaan Dana Desa (DD) anggaran tahun 2023 di Desa Puntang Kecamatan Sikap Dalam Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan disorot Lembaga Elemen Pejuang Masyarakat (Elang Mas). Beberapa item yang dirasa janggal diantaranya pembuatan sumur bor senilai Rp 239.360.000 dan serta pengadaan pupuk senilai Rp 107.585.000.

Dari penelusuran tim investigasi Lembaga Elang Mas biaya pembuatan lima (5) buah sumur bor beserta bak penampung air dan pembelian Tedmont dinilai terlalu mahal.” Kalau dilihat sumur bor beserta bak penampung, pembelian Tedmont serta pemasangan listrik diangka Rp 25 juta saja sudah besar, kalau kita rinci upah ngebor Rp 7 juta, pipa anggaplah Rp 6 juta, mesin 2,5 juta, Tedmont Rp 1 juta, pembuatan bak penampung dan upah tukang Rp 3 juta, pajak galian c maupun PPh sekitar Rp 3 juta. Kalu dihitung itu tidak sampai Rp 25 juta,” ungkap Pisra.

Pisra juga mempertanyakan pengadaan pupuk npk senilai ratusan juta, menurut Pisra ia sudah beberapa kali turun ke Desa Puntang dan melakukan audiensi dengan masyarakat. Dari beberapa masyarakat yang ditemui mengaku tidak mengetahui ada bantuan pupuk.” Masyarakat mengaku tidak mengetahui ada pengadaan pupuk di Puntang. Adanya temuan ini kami akan berkoordinasi dengan pihak Inpekstorat Kabupaten untuk meminta dilakukan audit terhadap pengunaan dana desa di Puntang khususnya anggaran tahun 2023, tidak menutup kemungkinan anggaran lainnya juga tidak sesuai dengan yang diterapkan oleh Pemdes Puntang” tutur Pisra, Selasa (16/7).

Tim awak media berusaha melakukan konfirmasi ke rumah Kepala Desa Risepsi namun Kepala Desa tidak berada di rumah, dikonfirmasi melalui sambungan telepon nomor kepala desa masih belum aktif, Rabu (17/7).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *