oleh

Apel Kesiapan Pemilu Berjalan Lancar

Dipusatkan dilapangan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang Apel Kesiapan Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berjalan lancar.

Hadir dalam Apel tersebut Komisioner Bawaslu Provinsi Sumsel Yenli Elmanoferi, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana, Kapolres Empat Lawang, Kejari Empat Lawang, Danramil Tebing Tinggi, Ketua Bawaslu Empat Lawang serta sejumlah OPD dilingkungan Pemkab Empat Lawang.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sumsel Yenli Elmanoferi mengatakan, kalau Bawaslu menegaskan pihaknya sudah siap untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang.

“Apel ini digelar serentak di seluruh Indonesia, dan ini adalah upaya yang dilakukan oleh Bawaslu untuk merefrest kembali semangat kawan-kawan dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bawaslu Sudah siap melakukan pengawasan,” kata Yenli.

Dijelaskannya, bahwa Bawaslu juga membawa misi melakukan pengawas di masa tenang agar tidak terjadi lagi kampanye seperti alat peraga dan Atribut Kampanye lainnya.

“Bawaslu berusaha menekan praktek Money Politik seperti serangan pajar dan praktek – prakter lainnya,diwilayah Empat Lawang khususnya,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Empat Lawang Rudi Yanto juga mengatakan, tujuan diselenggarakannya apel siaga ini, untuk memperlihatkan kepada masyarakat dan seluruh peserta penyelenggara Pemilu.

“Bawaslu sudah siap menyelenggarakan pengawasan pada saat mulai masa tenang sampai dengan pasca pemilihan,” ucap Rudi Yanto.

Untuk masa tenang ditambahkan Rudi Yanto, itu dimulai pada tanggal 14, 15 dan 16 April, dan Bawaslu berharap semua peserta Pemilu maupun masyarakat jika masai ada alat peraga kampanye dan masih terpasang agar diturunkan sendiri.

“Tidak apa-apa diturunkan sendiri, namun jika dari tanggal 14 sampai tanggal 16 belum diturunkan maka Bawaslu akan melakukan penertiban dengan cara melepas, esekusi, dan mengambil alat peraga tersebut dan kita akan bekerjasama dengan sat Pol PP dan Polres Empat Lawang,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, meminta kepada seluruh anggta Bawaslu Kabupaten Empat Lawang agar menjaga netralitasnya dalam Pemilu tahun 2019 ini.

“Pengawas Pemilu harus Netral tidak berpihak kepada salah satu kontestan, baik itu calon Presiden maupun calon Legislatif,” jelas Joncik.

Dirinya sambung Joncik, juga mengingatkan kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Empat Lawang agar selalu berada ditengah-tengah. Dan dirinya meminta kepada Bawaslu agar mengawasi para ASN ini.

“Untuk itu saya sebagai Bupati mari kita bersama-sama mengawasi Pemilu ini, sehingga terjadilah Pemilu yang bermartabat,” pungkasnya. (Don/Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *