oleh

Pemkab Resmi Gelontorkan Dana Bergulir Bagi Koperasi

Foto : Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, didampingi FKPD dan Kadis Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Empat Lawang, menyerahkan dana bergulir bagi koperasi secara simbolis, Kamis (17/12).

SEL EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, melalui Dinas Koperasi, UMKM,Tenaga Kerja dan Transmigrasi, secara resmi kembali menyalurkan dana bergulir bagi koperasi tahun 2020, Kamis (17/12). Alokasi anggaran untuk koperasi ini, dalam rangka membantu koperasi yang aktif, agar semakin aktif dalam membantu masyarakat Usaha Mikro dan Kecil, menjalankan roda usaha.

Program dana bergulir bagi koperasi ini, memberikan pinjaman sangat lunak, modal usaha bagi koperasi, berupa pinjaman bergulir tanpa bunga.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah mengatakan, sejak tahun lalu, Dinas Koperasi, UMKM,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, telah meluncurkan program pinjaman bergulir bagi koperasi di Kabupaten Empat Lawang, tersebut.

Tentu saja sambung, sambung Aidil, tidak semua koperasi dapat pinjaman, mengingat terbatasnya anggaran yang tersedia, serta koperasi yang disetujui sangat selektif, tidak asal koperasi saja.

Dikatakannya, masing-masing koperasi yang disetujui, mendapat pinjaman Rp10 juta. Waktu pengembalian bagi koperasi selama setahun dengan mencicil perbulannya, dengan estiminasi setoran perbulan ke bank yang ditunjuk sebesar Rp10 juta dibagi 12 bulan.

“Yang jelas tidak ada bunga. Dipinjami Rp10 juta, kembalinya tetap Rp10 juta. Pencairannya juga tidak ada potongan, full diberikan Rp10 juta,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pendamping koperasi di Kabupaten Empat Lawang, Efrizal menyambut baik niat Pemkab Empat Lawang, dalam membantu koperasi di Kabupaten Empat Lawang.

“Tentu kita mengimbau agar koperasi yang memenuhi syarat, agar dapat memanfaatkan pinjaman tersebut untuk kemajuan koperasi itu sendiri,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Nina Fristiani, salah satu pengurus koperasi yang mendapatkan bantuan dana bergulir mengatakan, sangat senang dan siap menggunakan dana tersebut dengan sebaik mungkin. “Alhamdulillah dapat bantuan pinjaman dana bergulir, insya Allah akan kami manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk membesarkan koperasi kami,” ujar Nina.

Sebelumnya, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, yang membuka secara resmi launching dana bergulir dimaksud, mengapresiasi Dinas Koperasi dan UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Empat Lawang, yang sangat konsen dan peduli terhadap kemajuan koperasi dan UKM di Empat Lawang.

“Tahun ini banyak dana yang diterima oleh masyarakat, baik itu pinjaman dana bergulir maupun bantuan BPUM dan lainnya. Ini sangat membantu masyarakat,” ungkap Joncik.

Ia mengatakan, tahun 2021 mendatang hendaknya bisa dioptimalkan lagi bantuan bagi masyarakat Empat Lawang, agar masyarakat terbantu dimasa pandemi seperti saat ini. “Pejabat pun harus berani jemput bola, untuk melobi ke pemerintah pusat agar dapat bantuan. Ini sangat membantu masyarakat, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dilaksanakan ini,” tukasnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *