oleh

Lestarikan Seni Kuntau Jenok di Empat Lawang

KUNTAU: Pertunjukan Kuntau dari Desa Bandar Agung Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, Kamis (7/1).

SEL Empat Lawang – Perguruan seni bela diri Kuntau Jenok asal mulanya dari daerah pesisir, Manak Bengkulu Selatan. Didirikan pada tahun 1982.

Seni bela diri Kuntau Jenok masuk ke Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, Kabupaten Empat Lawang tepatnga di Desa Nanjungan, Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatra Selatan pada bulan November 2010.

Pendiri Perguruan seni bela diri Kuntau Jenok ialah Kiyai Tambang yang saat ini menetap di Desa Nanjungan Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatra Selatan.

Kyai Tambang mengatakan tekhusus di daerah Lintang Margo Ayek Deras, seni bela diri Kuntau Jenok terus berkembang.

Ia menjelaskan, perguruan seni bela diri Kuntau Jenok telah memiliki ratusan murid yang belajar langsung kepadanya.

“Saat ini sudah ada ratusan murid yang belajar Kuntau, dan Alhamdulillah perguruan kami semakin berkembang dan dikenal banyak orang,” ucap Kyai Tambang.

Salah seorang tokoh pemuda di Desa Bandar Agung Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, DN Suardi Wijaya mengatakan ia sangat berharap Seni Kuntau Jenok ini dapat dilestarikan dan didaftarkan oleh dinas terkait untuk menjadi salah satu seni bela diri khas Empat Lawang.

“Harapannya Seni Kuntau Jenok ini semakin banyak diminati sehingga bisa terjaga dan lestari selamanya di Empat Lawang,” ucap Suardi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *