oleh

Kurang 2 Tahun Jabat Kadiskes Empat Lawang, Hj Hepy Safriani Buat 7 Inovasi dan Raih Berbagai Prestasi

SUARAEMPATLAWANG.COM

Banyak prestasi telah ditorehkan Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang semenjak dikepalai oleh Hj Hepy Safriani, SKM., M.Kes yang merupakan istri dari Dr. H. Joncik Muhammad, S.Si., SH., MM., MH, Bupati Empat Lawang.

Setidaknya 7 Inovasi digagas Hj. Hepy Safriani sejak menjabat Kadinkes Satu Setengah lalu. Inovasi tersebut beberapa diantaranya menorehkan prestasi dengan meraih juara sehingga membuat harum Kabupaten Empat Lawang.

Adapun Inovasi yang telah diusung Hj Hepy Safriani antara lain:

1. Jebol Vavid (Jemput Bola Vaksinasi Covid) tahun 2021 merupakan suatu inovasi dari Dinkes Empat Lawang dalam upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi covid 19 yang awalnya sangat rendah yaitu 23 persen, menjadi 98 persen hanya dalam waktu 1 bulan. Inovasi ini dilakukan dengan cara memberikan pelayanan door to door ke rumah-rumah masyarakat bahkan sampai ke daerah terpencil dan perkebunan, karena banyak masyarakat yang tidak dapat mencapai akses ke puskesmas. pelayanan juga diberikan siang dan malam hari, karena pada siang hari masyarakat sibuk bekerja, sehingga mereka baru ada dirumah pada malam hari.

2. Capaian imunisasi BIAN tertinggi se-Sumatera Selatan tahun 2022 belajar dari pengalaman inovasi Jebol Vavid, maka dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah tahun 2022 juga menerapkan sistem yang sama dengan Jebol Vavid, sehingga menghantarkan Kabupaten Empat Lawang memperoleh capaian imunisasi BIAN tertinggi se Propinsi Sum-Sel yaitu sebesar 95,1 persen.

3. Capaian input APLIKASI ASIK BIAN tertinggi ke III se-Sumsel komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang dibawah pimpinan ibu Hj. Hepy Safriani, SKM., M.Kes dalam mensukseskan pelaksanaan program pemerintah vaksinasi BIAN kembali dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan yaitu terbaik ke III dalam input aplikasi ASIK untuk program BIAN se-Provinsi Sumatera Selatan.

4. Desa ODF pada bulan Desember 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang telah berhasil memverifikasi 5 Desa ODF. Inovasi yang dilakukan adalah dengan melakukan pemicuan dan sosialisasi pada tokoh desa, melakukan kerjasama dengan PKK, membentuk kelompok arisan jamban sehat, memberikan pinjaman cetakan closet dan septic tank kepada masyarakat, pemberian bahan material pembuatan kloset dan septic tank bersumber dari dana APBD dan dana desa dan pembuatannya dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama/gotong-royong.

5. Rumah Intan (Inovasi Kesehatan) pada bulan April tahun 2022 Dinas Kesehatan Empat Lawang membentuk Rumah Intan sebagai wadah yang menaungi dan memfasilitasi semua inovasi di bidang kesehatan yang diciptakan oleh dinas kesehatan beserta jajarannya yaitu puskesmas dan RS Pratama.

6. Juara III Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2021 pada tahun 2021, Posyandu Kasih Ibu Desa Air Mayan Kecamatan Paiker Kab Empat Lawang dibawah bimbingan Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang berhasil mendapatkan juara III Lomba Posyandu tingkat Provinsi Sumsel. Inovasi yang dilakukan saat itu adalah gemar makan buah. jadi setiap pelaksanaan posyandu, maka masyarakat yang datang akan disuguhi berbagai macam produk olahan buah, seperti puding buah, jus buah dan bermacam olahan buah lainnya.

7. Juara Harapan III lomba Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi tahun 2022 pada tahun 2022, Dinas Kesehatan Empat Lawang melalui Posyandu Bougenville Desa Karang Dapo Lama Kec Sikap Dalam berhasil mendapatkan predikat juara Harapan III dalam lomba posyandu tingkat provinsi Sumsel. Inovasi yang dilakukan pada saat itu adalah pencegahan stunting dengan menggunakan daun kelor, karena daun kelor memiliki nilai gizi yang tinggi. bermacam olahan daun kelor diciptakan, seperti mi ayam daun kelor, nasi tumpeng daun kelor dan puding daun kelor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *