oleh

Akun IG di Empat Lawang Tebarkan Kebencian Terhadap Profesi Wartawan

SUARAEMPATLAWANG.COM

Akun IG empatlawang_info dan akun IG empatlawangterkini mencemarkan profesi dengan menyebarkan ujaran kebencian.

Dalam postingannya, kedua akun IG ini memposting dugaan oknum wartawan mencoba memeras eo namun tanpa menyebut nama wartawan maupun nama media pada Jumat 12 Mei 2023.

” Seharusnya akun IG tersebut menuliskan nama oknum wartawan dan medianya sehingga jelas sasarannya, jika tidak sebut nama dan medianya, itu berarti seluruh wartawan dia katakan diduga memeras, dan jika memang orang itu diperas ya laporkan saja ke pihak kepolisian,” kata Waton yang mengikuti akun IG tersebut.

“Dan perlu diketahui, sebuah media masa online itu memiliki legalitas, box Redaksi, nomor telepon dan alamat, jadi jelas. Nah akun IG ini kita tidak tahu siapa yang memposting, karena tidak ada nama atau keterangan lainnya yang membuat jelas siapa adminya,” sambung Waton.

Ketua IKatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Cenci Riestan menyayangkan akun IG tidak mempunyai legalitas memposting ujaran kebencian terhadap profesi wartawan.

Menurut Cenci seharusnya akun IG tersebut langsung menyebut nama atau media agar wartawan dan media lain tidak mendapatkan imbas dari postingan tersebut.

“Jika memang diperas laporkan ke Polisi, Saya akan berkoordinasi dulu dengan para anggota IWOI untuk langkah selanjutnya untuk mengadakan aksi massa,” ucap Cenci, Senin 15 Mei 2023.

Cenci juga menyayangkan media besar menjadikannya sebuah berita tapi tetap tidak jelas media mana yang diduga ingin memeras.” Seharusnya media kalau profesional sebut saja nama wartawan atau media sehingga tidak membuat gaduh,” tutup Cenci.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *