oleh

BEGAL DI EMPAT LAWANG RATA RATA REMAJA DAN PELAJAR

Di Bina…… Apo Di Binasakan, Begal Di Empat Lawang………… ?

Begal Di Empat Lawang
Sebagian besar Remaja dan Pelajar.

Permasalahan di kalangan para pelajar seakan tidak ada habisnya. Walaupun banyak di antara pelajar kita yang berprestasi bahkan mampu mengharumkan nama Keluarga dan Daerah, namun segudang prestasi itu seringkali tertutupi dengan segunung permasalahan kenakalan dan kriminal yang dilakukan oleh pelajar lainnya.
Dalam pantauan penulis tingkat begal remaja di Empat Lawang semakin meningkat, begitu juga pergaulan bebas yang berujung pada kehamilan.

Seorang pelajar harusnya giat melakukan hal hal yang positif, bermanfaat, serta membanggakan. Kenyataannya, pelajar malahan melakukan perbuatan yang negative, tidak berfaedah dan meresahkan. Di perparah lagi mudahnya mereka mendapatkan barang Narkoba, yang Akhirnya mereka ketergantungan hingga usaha apapun untuk mendapatkan barang haram itu mereka lakukan.

Penerapan sisitem Pendidikan sekuler kapitalis makin intensif. Agenda sekulerisasi pendidikan yang mengancam rusaknya identitas seorang pelajar. Sekulerisasi pendidikan telah terjadi di seluruh lini berupa dikotomi penyelenggaraan pendidikan umum dan agama. Tampak juga pada arah pembuatan kurikulum yang lebih menitik beratkan pada penyiapan kerja daripada pembentukan kepribadian. Bahkan, muatan materi yang bertentangan dengan Agama banyak dimasukkan dalam pelajaran atas nama moderasi beragama. Membiarkan sistem pendidikan ini tetap berlangsung berarti membiarkan rusaknya identitas generasi penerus,

Selanjutnya, untuk mengatasi krisis pelajar, diperlukan juga peningkatan kemampuan mendidik pada keluarga, menata media sehingga mendukung peningkatan potensi pelajar bukan merusak akal dan perilaku remaja, serta menciptakan suasana kondusif sesuai arahan Agama dan kearifan lokal.

Pelajar/ Remaja agar tidak terperosok dalam kesia-siaan, mereka harus disibukkan dengan Aktivitas, hingga tidak sibuk melakukan kemaksiyatan, Kriminalitas dan Terjerumus Di Dunia Narkoba. Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan/ Kemasyarakatan harus bersinergi menyikapi Perkembangan yang terjadi. Semoga Masalah Remaja/Pelajar yang marak menjadi Pembegal di Empat Lawang yang kita Cintai ini, ada solusi yang arif dan bijak mengatasinya tanpa jalur Hukum.
@Mad_Delungap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *