oleh

KOMUNITAS BELAJAR UPAYA SUKSESKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DIGAGAS DIKBUD EMPAT LAWANG

SUARAEMPATLAWANG.COM

Disampaikan Oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Empat Lawang Drs. JHON HERI, M.M sebuah komunitas belajar diciptakan untuk mempermudah dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di satuan pendidikan. Biasanya dalam sebuah proses pembelajaran akan dijumpai masalah dan hambatan, karena itulah, komunitas belajar diciptakan. Adanya komunitas belajar ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah dan hambatan dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Hadirnya komunitas belajar ini bisa dipakai untuk berdiskusi, berbagi praktik, serta melakukan sharing oleh para anggotanya, sehingga adanya komunitas belajar ini memang berfungsi penting dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Kabid Guru dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ALBAIHAKI, S.Kom, M.M sebagai penanggung jawab Pelaksa Kegiatan Pembinaan dan Penguatan Komunitas Guru menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 12 Juni 2023 di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi. Sebagai peserta kegiatan wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Jenjang SMP se-Kabupaten Empat Lawang dan seluruh KKKS Jenjang SD se-Kabupaten Empat Lawang, dengan narasumber Guru yang telah mengikuti Pelatihan Penguatan Komunitas oleh BPMP Kemdikbudristek Yaitu Hendri Gunawan, S.pd Guru SMPN 1 Tebing Tinggi dan Wahyu Wicaksono, S.Pd Guru SDN 1 Tebing Tinggi.

Seperti telah disampaikan oleh ke Dua narasumber pada saat Kegiatan tujuan penting dari adanya komunitas belajar adalah sebagai berikut:

1. Mengedukasi anggota komunitas adanya komunitas belajar ini dapat memberikan edukasi dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada anggota.

2. Mengumpulkan dan berbagi informasi melalui adanya komunitas belajar, maka para anggota komunitas bisa memperoleh dan berbagi informasi.

3.Memfasilitasi Anggota Komunitas salah satu tujuan penting ini adalah untuk memfasilitasi anggota komunitas untuk terus belajar dan melakukan pembelajaran dengan nyaman.

4.Mendorong peningkatan kompetensi diantaranya adalah untuk mendorong peningkatan kompetensi para anggota dengan melakukan diskusi dan sharing.

5.Mengintegrasikan pembelajaran untuk mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas dalam pekerjaan sehari-hari.

Kabid GTK Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan ALBAIHAKI, S.Kom, M.M berharap hendaknya dengan diciptakan sebuah komunitas belajar ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Para anggota komunitas sebagai salah satu wadah untuk Pengembangan Keprofesian dan dapat meningkatkan kompetensi Guru sehingga dapat meningkatkan Mutu Pendidikan Untuk Mewujudkan Kab.Empat Lawang MADANI.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *