oleh

COACHING CLINIC KUMER MANDIRI BERUBAH JENJANG SMP DI KABUPATEN EMPAT LAWANG

SUARAEMPATLAWANG.COM

ALBAIHAKI, S.KOM., MM Kabid GTK Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang pada saat membuka Kegiatan Coaching Clinic menyampaikan bahwa dengan penetapan program penerapan Kurikulum Merdeka dibeberapa SMPN di Kabupaten Empat Lawang pada tahun ajaran ini, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Kegiatan Coaching Clinic Implementasi Kurikulum Merdeka secara Mandiri jenjang SMP.

Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan pemahaman bersama bapak ibu guru mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka secara Mandiri berubah. Pelaksanaan Coaching Clinic Implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri ini diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran yang ada di SMPN 1 Pasemah Air Keruh (Paiker), SMPN 4 Paiker yang pada tahun ajaran 2023/2024 ini melaksanakan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah, dan Guru dari SMPN 1 Sikap Dalam yang melakasanakan IKM di Tahun ke Dua, Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2023.

Para peserta mengikuti Coaching Clinic IKM ini dengan penuh antusias. Pada pelaksanaan Coaching Clinic IKM sesi pertama materi disampaikan oleh Bapak AHMAD NASIR, S.PD., M.PD atau biasa dipanggil pak NASIR, beliau adalah pengawas SMP Di Kabupaten Empat Lawang Sekaligus Fasilitator Guru Penggerak.

AHMAD NASIR menyampaikan materi Coaching Clinic dengan berbagai persamaan persepsi mengenai berbagai aturan yang berlaku untuk pelaksanaan IKM di jenjang SMP. AHMAD NASIR berhasil menyita perhatian dari seluruh peserta Coaching Clinic dilanjutkan dengan penjelasan mengenai alur berpikir dalam penentuan tujuan pembelajaran (TP) serta alur tujuan pembelajaran (ATP), pemateri mengajak para peserta mulai praktik membuat TP dan ATP sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Materi pada hari pertama ditutup dengan kesan yang luar biasa oleh pemateri.

Pada sesi kedua, Coaching Clinic IKM diisi oleh salah satu Guru Pelaksana Program Sekolah Pengggerak Dari SMPN 2 Pasemah Air Keruh ZALBOPRI, S.Pd. Materi kali ini adalah projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). P5 adalah kegiatan para siswa untuk melakukan atau membuat sebuah proyek yang bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai pancasila ke dalam diri mereka. Kegiatan ini menyampaikan konsep pelaksanaan P5 di SMPN 2 Pasemah Air Keruh.

Pada sesi Ketiga EVAN OKTASUPARLAN, S.PDI yang merupakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Pada SMPN 1 Sikap Dalam, seperti di sampaikan sebelumnya bahwa SMPN 1 Sikap Dalam telah melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka secara Mandiri Tahun Ke 2. Ia berbagi pengalaman dan praktik baik terkait pelaksanaan IKM secara Mandiri di SMP 1 Sikap dalam, dimulai dengan Proses Pendaftaran IKM secara Mandiri, Pembentukan Komunitas Belajar dalam Lingkungan Sekolah, Pembentukan Komite Pembelajaran, Penyusunan Modul Ajar, Penentuan Tema dan Topik P5 yang melibatkan seluruh perangkat sekolah di mulai dari wali Murid, Peserta didik, Guru dan Kepala Sekolah.

ANDRIANSYAH, SH,. MM Kasubid GTK SMP juga menyampaikan Kurikulum merdeka yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Pasemah Air Keruh, SMPN 4 Pasemah Air Keruh dan SMPN 1 Sikap Dalam adalah Mandiri Berubah. Maksud dari Mandiri Berubah adalah pihak sekolah memberikan keleluasaan untuk menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disediakan dalam Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan. Penerapan Kurikulum Merdeka hanya pada para peserta didik baru yaitu kelas VII (7).

Pada Kurikulum Merdeka Belajar tidak ada lagi penjurusan. Para siswa diberi kebebasan untuk memilih mata pelajaran apa yang mereka ingin pelajari.

Penerapan Kurikulum Merdeka pada Jenjang SMP di Kabupaten Empat Lawang merupakan perwujudan dari pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada masyarakat luas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *