oleh

Pelatihan Desa Bersinar Oleh BNN Empat Lawang Kades Bayar Hampir Rp 40 Juta

SUARAEMPATLAWANG.COM

BNN Empat Lawang mengadakan sosialisasi pembentukan Desa Bersinar (bersih narkoba) di Kecamatan Tebing Tinggi dihadiri perwakilan 10 desa Rabu, (30/8). Kegiatan berlangsung di kantor Kepala Desa Rantau Tenang sejak pukul 09.00 WIB.

Setiap desa diharuskan membayar hampir Rp. 4.000.000, untuk mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan dihadiri kepala desa dan 4 orang perangkat untuk masing-masing desa.

Acara berlangsung selama satu hari dan dibagi 2 sesi.” Acaranya sehari, setiap desa membawa 5 orang untuk mengikuti pelatihan. Selain sosialisasi dampak buruk narkoba acara juga dilakukan tes urin kepada peserta yang hadir. Saat ini masih berlangsung,” terang salah satu kades yang meminta namanya dirahasiakan.

Masih lanjut kades, kami tadi ikut dari jam 09.00 wib-12.30 untuk 5 desa, siangnya 5 desa lain, ini saya sudah mau pulang. Sedangkan untuk pembayaran kemarin lewat Pendamping Desa pada saat pencarian dana desa tahap 2 kemarin,” sambung Kades melalui sambungan telepon.

Salah seorang warga Tebing Tinggi menyayangkan dengan anggaran sebesar itu hanya dilaksanakan di satu desa. Sebagusnya menurut Iskandar sosialisasi diadakan di setiap desa, agar bukan hanya pemerintah desa yang mengetahui dampak buruk narkoba tapi masyarakat desa juga mengetahui.” Pelatihan seperti ini sudah sering terjadi tapi masyarakat berharap pelatihan di adakan di desa nya sehingga masyarakat luas ikut menyaksikan pelatihan tersebut sehingga mengetahui dampak buruk narkoba,” tutur Iskandar.

Camat Tebing Tinggi saat dikonfirmasi mengaku mengetahui pelatihan tersebut namun ia baru menerima undangan satu jam sebelum acara sehingga ia tidak bisa hadir.” Untuk anggaran saya tidak mengetahui biasanya lewat pendamping desa, saya baru terima undangan pukul 08.00 WIB saat saya sudah dalam perjalanan menuju Lubuk Linggau,” terabg Noperman Subhi, Rabu siang (30/8).

Sampai berita ini ditayangkan tim masih berusaha mengkonfirmasi kepada BNN Kabupaten Empat Lawang namun belum ditemukan kontak yang bisa dihubungi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *