oleh

Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang Terus Dampingi Sekolah Sukseskan IKM Mandiri Berubah

SUARAEMPATLAWANG.COM

Untuk menyamakan persepsi strategi pendampingan sekolah dalam implementasi IKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang melalui Bidang GTK terus menyelenggarakan Kegiatan Coaching Clinic IKM Mandiri. Kegiatan sendiri bertujuan sebagai Pendampingan Sekolah Jenjang SMP dalam pelaksanaan IKM Mandiri Berubah. Kegiatan Coaching Clinic diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang di SMPN 1 Pendopo, Kamis 31 Agustus 2023.

Dihadiri oleh Wakil Kepala Bagian Kurikulum SMPN 1 Pendopo Beserta Guru Mata Pelajaran Kelas 7, Kepala Sekolah SMPN 1 Pendopo Barat beserta Waka Kurikilum dan Perwakilan setiap Guru Mata pelajaran, Waka Kurikulum SMPN 4 Pendopo Barat Beserta Perwakilan Guru mata pelajaran.

Dalam sambutan pembukaan, Kegiatan Coaching Clinic IKM Mandiri Berubah, Albaihaki, S.Kom., MM menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran.” Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Pemerintah menetapkan struktur kurikulum minimum dan prinsip pembelajaran dan asesmen,” terang Albaihaki.

“Satuan pendidikan dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai dengan visi misi dan sumber daya yang tersedia. Satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk mengorganisasikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dan konteks lokal,” sambungnya.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, Kurikulum ini dibuat dengan tujuan memberi kebebasan kepada siswa dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran.

Pada prinsipnya, kurikulum merdeka menuntut satuan pendidikan di sekolah memberi fasilitas penuh agar Kurikulum Merdeka ini bisa diimplementasikan dengan baik.

Dalam Kegiatan Coaching Clinic IKM Mandiri Berubah ini Dinas Pendidikan Tetap menggandeng Nara sumber yang sama yaitu Ahmad Nasir, S.Pd., M.Pd yang merupakan Pengawas Satuan Pendidikan Jenjang SMP di Kabupaten Empat Lawang sekaligus Fasilitator Guru Penggerak yang sudah mengikuti pendidikan sebagai Fasilitator dan Bersertifikat serta telah Memahami dengan sangat baik tentang IKM.

Materi pertama Ahmad Nasir, S.Pd., M.Pd menyampaikan materi Coaching Clinic dengan berbagai persamaan persepsi mengenai berbagai aturan yang berlaku untuk pelaksanaan IKM di jenjang SMP. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai ;

• Tujuan pembelajaran (TP) adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

• Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran.

• Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.

• Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase.

diakhir materi narasumber mengajak para peserta mulai praktik membuat TP dan ATP sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Pada sesi Ke-dua, seperti pada kegiatan Coacing Clinic di Kecamatan sebelumnya juga dihadirkan narasumber yang berasal dari Guru Pelaksana Program Sekolah Penggerak untuk berbagi Praktik Baik dalam pelaksanaan IKM, Kali ini masih dengan Guru Dari SMPN 3 Lintang Kanan.

Pada Kesempatan itu Tim Guru dari SMPN 3 Lintang Kanan Berbagi Praktik Baik Terkait IKM Khususnya terkait Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Profil Pelajar Pancasila dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap pelajar melalui : budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

Andriansyah, SH., MM Kasubid GTK SMP menyampikan bahwa untuk jenjang SMP di Kecamatan Pendopo dan Pendopo Barat, 3 sekolah yang telah melaksanakan IKM mandiri Berubah Pada Tahun Ajaran 2023/2024 yaitu SMPN 1 Pendopo, SMPN 1 Pendopo Barat dan SMPN 4 Pendopo Barat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *