oleh

Bupati Empat Lawang Kukuhkan Pengurus Dewan Adat dan Lembaga Adat Desa

SUARAEMPATLAWANG.COM

Sebanyak 155 orang dikukuhkan sebagai Pengurus Dewan Adat Kabupaten Empat Lawang dan Lembaga Adat Desa oleh Bupati Empat Lawang Dr. H. Joncik Muhammad, S.Si., SH., MM., MH di Gedung Serbaguna Pemkab Empat Lawang, Rabu (13/9/2023). Ke-155 orang tersebut terdiri dari 9 Pengurus Dewan Adat Kabupaten serta 146 orang Lembaga Adat Desa.

Acara Pengukuhan Pengurus Dewan Adat Kabupaten dan Lembaga Adat Desa diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya disambung dengan doa dan pelaksanaan acara inti.

Dalam sambutannya Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad mengucapkan selamat kepada pengurus yang sudah di kukuhkan.” Selamat kepada para pengurus yang dikukuhkan hari ini. Kepada pengurus yang Dikukuhkan untuk lebih perhatian terhadap adat yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati (Empat lawang) agar menunjukan peran lembaga adat di tengah masyarakat. Peran Lembaga Adat di masyarakat sangat dibutuhkan baik dalam penyelesaian sengketa, kesalahpahaman ditengah masyarakat maupun hal-hal penting lainnya.

Fungsi pengurus adat tidak lepas membantu pemerintah setempat, sebab anggaran dari pemerintah, peran lembaga adat dalam masyarakat sangat di butuhkan baik dalam menyelesaikan sengketa sengketa yang terjadi,” ucap Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad.

Ketua Adat Kabupaten Empat Lawang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah maupun para lembaga adat desa yang telah mempercayakan dirinya sebagai ketua Adat Kabupaten.” Kami ucapkan terima kasih telah di kukuhkan pengurus Adat Kabupaten, perlunya kerjasama kita semua agar tercapainya program-program kerja lembaga adat.

Fungsi Lembaga Adat seperti diterangkan Bapak Bupati adalah membantu pemerintah. Untuk itu ditekankan agar seluruh pengurus membantu program pemerintah artinya lembaga adat tidak bisa lepas dari pemerintah” tegasnya.

Hadir pada pengukuhan Dewan Adat Kabupaten Empat Lawang dan Lembaga Adat Desa diantaranya Ketua DPRD Persie, SE, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono, S.Ip, Kapolres AKBP Helda Prayitno, MM, Kajari Empat Lawang Eryana Ganda Nugraha, SH., M.Hum, Sekda Fauzan Khoiri Denin, AP., MM serta dihadiri pejabat Eselon dilingkungan pemerintahan kabupaten Empat Lawang serta turut disaksikan Camat dan Kepala Desa se-kabupaten Empat Lawang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *