oleh

JINGGA ALISTA SISWI SMP SANTO YOSEF RAIH JUARA II LOMBA PENELITI BELIA SUMSEL 2023

SUARAEMPATLAWANG.COM

Keunggulan Siswi Kelas VIII A SMP Santo Yosef, Jingga Alista meraih Juara II lomba Peneliti Belia Sumsel 2023 yang diselenggarakan oleh Center For Young Scientist (CYS).

“Jingga mampu bersaing dengan peserta didik tingkat SMA di Provinsi Sumsel, Ungkap guru pendamping Martinus Toncey Bukit Bulana, S.Pd. pada Selasa (17/10/22).

Martin panggilan akrab pembimbing sebagai guru IPS mengungkapkan bahwa, bersama Soufie Retorika penulis Lahat yang sejak 27 Juli 2023 silam mengodok makalah yang dipersiapkan Jingga hingga ke Lokasi penelitian Megalitik tersebut dan bertemu dengan Juru Pelihara Megalith.

Penelitian Jingga mengangkat tema Arca Megalith yang ada di Tinggi Hari, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat. Judul penelitian “Makna Bentuk Arca Megalitik Situs Tinggihari Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat”.

“Penelitian bertujuan mengenalkan makna arca megalitik pada sesama pelajar di Lahat dan sekitarnya serta kepada masyarakat luas secara umum. Harapannya banyak bermanfaat hasil penelitian ini,” kata Jingga.

Semoga penelitian ini dapat meningkatkan semangat peneliti belia di Sumatera Selatan terkhusus di kabupaten Lahat agar generasi penerus bangsa kita memiliki keterampilan abad 21 yaitu: berpikir kritis, kreativitas, berkomunikasi dan berkolaborasi. apalagi saingan Jingga Sulung dua bersaudara dari ibu Lina Fernandes ini memiliki kecerdasan akademik dan non akademik.

“Meskipun berada di daerah, namun SMP Santo Yosef Lahat mampu bersaing dengan Tingkat SMA di provinsi Sumsel. Bimbingan guru dan semoga hasilnya bermanfaat,” Ujar Lina Fernandes. (sofi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *