oleh

Apt. Edo Kusda Pratama. S.Farm Nahkodai PC IAI Empat Lawang Periode 2023-2027

SUARAEMPATLAWANG.COM

Rangkaian acara Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang (PC) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Empat Lawang sukses dilaksanakan. Bertempat di Ruang VVIP Rumah Makan 99 (11 s.d. 12 November 2023) Tebing Tinggi Empat Lawang mulai dari pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Konfercab PC IAI Empat Lawang merupakan kègiatan rutin 4 (empat) taĥunan dalam rangka reorganisasi kepengurusan dan penyusunan program kerja ke depan.

Rangkaian acara Konfercab PC IAI Empat Lawang meliputi kegiatan Konfercab (11/11/2023) dan Webinar Kefarmasian (12/11/2023). Hadir dalam Konfercab PC IAI Cabang Empat Lawang dari Pengurus Daerah (PD) IAI Sumatera Selatan ketua apt. Dedi Tri Saputra, S.Farm., M.Kes., Dewan Pengawas apt. Drs. Burhanuddin Gumay, MM., Wakil Sekertaris apt. Silvy Aryanti, S.Farm., Kabid Kaderisasi apt. Hafisz Amrullah., M.Pharm, S.Ct. kehadiran mereka dalam rangka pembinaan, pengawasan dan pemantauan jalannya Konfercab PC IAI Empat Lawang.

Konfercab PC IAI Empat Lawang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang yang dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris Dinkes Dery Kurniawan, SKM, MM. sekaligus didaulat untuk membuka rangkaian acara Konfercab tersebut. Dalam sambutannya Dery Kurniawan menekankan pentingnya kontribusi maksimal dari Apoteker dalam pelayanan kesehatan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Dery Kurniawan juga meminta suport dari pengurus PD IAI Sumatera Selatan dalam distribusi Apoteker karena masih sangat terbatasnya jumlah tenaga kesehatan (Nakes) apoteker di Empat Lawang.

Sementara itu ketua PD IAI Sumsel apt. Dedi Tri Saputra, S.Farm., M.Kes. dalam sambutanya mengucapkan selamat dan sukses atas terselengaranya Konfercab ke I PC IAI Empat Lawang ditengah keterbatasan yang ada, dikarenakan memang PC IAI Empat Lawang untuk saat ini baru berjumlah 16 anggota aktif apoteker. Dedi juga mengingatkan tentang pentingnya penguatan organisasi IAI ditengah munculnya UU No 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan yang memungkinkan berdirinya organisasi apoteker selain Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Dedi juga menyatakan siap membantu distribusi apoteker ke Empat Lawang terutama apoteker-apoteker baru lulusan dari palembang” pungkasnya.

Ketua PC IAI Empat Lawang periode 2019-2023 apt. Ika Pujiastuti Ismail, M.Farm dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Dinkes pada acara Konfercab ke I (satu) PC IAI Empat Lawang, serta kedatangan dari pengurus PD IAI Sumsel. Beliau juga meminta bimbingan dan arahan dari PD IAI Sumsel dan Dinas Kesehatan kedepan agar organisasi IAI bisa berkontribusi maksimal dalam pelayanan kesehatan di Empat Lawang terutama dalam edukasi tentang obat dan kefarmasian.

Dinamika terjadi dalam gelaran Acara konfercab Ke I (satu) PC IAI Empat Lawang terutama pada saat pemilihan ketua dan pembahasan progja kedepan. Muncul 2 nama yang kuat dalam pemilihan ketua yaitu apt. Ika Pujiastuti Ismail, M.Farm dan apt. Edo Kusda Pratama, S. Farm yang akhirnya dilakukan secara voting dan apt. Edo Kusda Pratama, S.Farm mendapat suara terbanyak dan dikukuhkan sebagai Ketua PC IAI Empat Lawang Periode 2023-2027. Sementara itu untuk menunjang jalannya organisasi kedepan disusun pengurus lengkap PC IAI Empat Lawang itu Wakil Ketua apt. Epta Febriansyah, S.Farm, Sekertaris apt. Fathrin Oktasari, S.Farm dan Bendhara apt. Ayu Oktaviani, B.Pharm. dan Dewan Penasehat apt. Ika Pujiastuti Ismail, M.Farm. Meskipun banyak terjadi dinamika akan tetapi acara Konfercab ke I (satu) PC IAI Empat Lawang berjalan lancar dan sukes, pada akhir acara Konfercab langsung dilakukan pelantikan kepengurusan PC IAI Empat Lawang oleh Ketua PD IAI Sumsel apt. Dedi Tri Saputra, S.Farm., M.Kes..

Hari kedua (12/11/2023) rangkaian acara Konfercab ke I PC IAI Empat Lawang dilaksanakan Webinar Kefarmasian yang dihadiri oleh 270 peserta dari berbagai daerah. Wabinar Kefarmasian yang dilakukan bertajuk “Optimalisasi Tata Laksana Diare Pada Anak Dengan Terapi Oral dan Terapi Cairan Infuse pada Kasus Diare anak-anak”. Sebagai pembicara dr. Fandy Argiansya, SpA. (dokter spasialis anak di RSUD Empat Lawang) dan apt. Aninditha Rahmah S. S.Farm., M.Si. (dosen dari Palembang). Acara yang disupport oleh Produsen Sediaan Farmasi PT. OTSUKA sebagai sponsor utama sangat terlihat antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pendaftaran peserta, juga dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan berdiskusi membahas tentang tema tata laksana diare dengan kedua narasumber pada saat berlangsung.

Selamat dan Sukses Konfercab PC IAI Empat Lawang semoga kepengurusan baru dan program kerja yang dibuat bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Empat Lawang terutama bidang kefarmasian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *