oleh

MIN 1 Empat Lawang kerjasama dengan Penyuluh Pertanian membuat Pupuk Organik Cair (P-O-C)

SUARAEMPATLAWANG.COM

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Empat Lawang adalah salah satu Sekolah/Madrasah di Kabupaten yang terletak di Desa Talang Benteng Kecamatan Muara Pinang kabupaten Empat Lawang Propinsi Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Bapak Zukman Effendi, S. Pd. l, M. Pd.

Masyarakat Kabupaten Empat Lawang sebagian besar berpenghasilan dari hasil tani dan perkebunan kopi, padi, sayuran, karet, sawit, durian, dan buh-buahan lainya. Penghasilan yang terbesar di Empat Lawang adalah Kopi Robusta yang sangat terkenal dimana-mana, dengan rasa dan keharuman yang dihasilkan dari kopi Robusta.

Petani milenial sekarang ini tidak lepas dari pengunaan pupuk Kimiawi yang harganya mencakar langit, sehingah petani merasakan perih nya kehidupan petani di Empat Lawang dengan naiknya harga pupuk kimia. Apa bila tidak dipupuk tanaman susah untuk menambah nutrisi terhadap tanaman. Selain dari itu pupuk kimia memiliki dampak kesehatan pada tubuh manusia secara tidak langsung dan bisa mebuat tanah menjadi tandus akibat damfak negatif zat kimia.

Berlatar belakang tingginya harga Pupuk kimia membuat Guru dan siswa kasihan terhadap orang tuanya yang rata-rata petani sehingah menimbulkan pememikirkan baru untuk mengatasi problematika dalam meningkatkan penghasilan petani di Empat Lawang yang mengalami penurunan secara elastis.

MIN 1 Empat Lawang dua (2) Minggu yang lalu membuat pupuk organik cair (P-O-C) yang hasilnya pasca tes memakai alat ukur PH meter dan PPM setiap 50 Ml P-O-C dapat di larutkan ke 15 Liter air dengan hasil sangat memuaskan bahkan Nutrisi yang terdapat dalam unsur hara sangat tinggi dan pas buat tanaman.

Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang terdapat dilingkungan sekitar baik itu daun-daunan atau kotoran hewan dan lain-lainnya.

Setelah diaflikasikan ke tanaman yang ada disekolah, dalam waktu cepat reaksi POC buatan sendiri ini dapat merangsang tanaman dan kesuburan tanah dengan bahan dan harga yang sangat ekonomis.

Tepat pada hari ini Senin, 13 November 2023 pihak sekolah mengundang Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Muara Pinang untuk berbagi/sering tentang pembuatan P-O-C yang dirancang oleh Penyuluh Pertanian yakni Bapak Harry Truemansyah, S. P dan Bapak Zulfi Hidayat, S. Tp yang didampingi oleh Bapak Heriyadi, M. Pd, Guru dan siswa/siswi MIN 1 Empat Lawang.

Adapun bahan-bahan yang disediakan adalah Air cucian beras, kecambah, EM4, Gula Aren, dan Garam. Dalam pembuatan P-O-C hari ini dibantu oleh siswa-siswi MIN 1 Empat Lawang.

Setelah pembuatan Pupuk Organik Cair (P-O-C) selesai dan berjalan dengan sukses siswa yang terbaik dan teraktif diberikan motivasi dan hadiah buku oleh Penyuluh Pertanian bagi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Dengan adanya kerjasama dan pelatihan dan peraktek secara langsung seperti ini semoga petani-petani di Empat Lawang tidak akan mengeluh lagi tentang kenaikan harga Pupuk karena kita sudah bisa membuat sendiri dan semoga pertanian diempat Lawang selalu sukses. Harapan kita jangan kita menjadi pasilitator atau pemakai produksi orang saja tetapi jadilah orang yang bisa menciptakan,” ujar Heriyadi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *