oleh

RESES TAHAP 3 DPRD EMPAT LAWANG SAMBANGI PT ELAP/KKST 

SUARAEMPATLAWANG.COM

Anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang Hidayat Muhammad dari Partai Demokrat bersama Hj. Lupita Partai Amanat Nasional (PAN) serta Mehmed Reza dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil 3 melakukan Reses di PT. Elap/Kkst Divisi III Desa Nanjungan Kecamatan Pendopo, Rabu (20/12/2023).

Reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen. Pada kesempatan tersebut para anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang bertemu dengan perwakilan masyarakat serta Humas PT Elap/Kkst dalam rangka meminimalisir konflik diantara masyarakat dan pihak manajemen perusahaan.

Setelah mendengarkan keluhan dan masukkan dari kedua belah pihak, Hidayat Muhammad (HM) memahi bahwa sebagian masyarakat saat ini sangat bergantung di perusahaan karena banyak tanah masyarakat telah dijual ke pihak perusahaan. Untuk itu HM berharap pihak perusahaan bisa menyerap banyak tenaga kerja sehingga kehadiran perusahaan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.” Jika manajemen perusahaan berjalan baik tentunya pihak perusahaan memerlukan tenaga kerja baik itu tenaga kerja rutin maupun buruh harian lepas yang pastinya diprioritaskan bagi masyarakat sekitar perkebunan. Untuk menuju ke sana perusahaan sebelumnya harus bisa produksi karena uang yang nantinya untuk membayar gaji karyawan merupakan hasil dari Tandan Buah Segar (TBS) yang dipanen pihak perusahaan,” ucap Hidayat Muhammad.

Pihak perusahaan melalui Humas Utara dan Selatan menyampaikan bahwa pihaknya dari perusahaan mengalami kendala, mulai dari pemortalan dan pencurian. Saat ini juga banyak Management baru dalam perusahaan.” Kami dari pihak perusahaan akan berusaha untuk menjalin mitra kerjasama yang baik. Mulai dari pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan masyarakat desa, yang pasti kami akan berusaha menyelesaikan setiap permasalahan yang ada” Ujar Andi selaku Humas PT Elap/Kkst.

Perwakilan masyarakat melalui Kepala Desa Batu Cawang salah satu poin yang disampaikan terkait kebutuhan pekerjaan di PT Elap/Kkst.” Lahan masyarakat sudah banyak yang dijual ke pihak perusahaan namun warga yang di pekerjakan hanya segelintir orang saja” Ucap Kiki Kades Batu Cawang. Sementara pihak koperasi plasma mengeluh bahwa pihak perusahaan dalam setiap kegiatan tidak pernah koordinasi dengan pihak koperasi salah satunya terkait penjualan buah dari kebun plasma.

Aspirasi warga dan perusahaan akan dibawa ke kantor DPRD Empat Lawang untuk dibahas dan dimasukkan kedalam pokok-pokok pikiran para anggota DPRD untuk kepentingan masyarakat banyak. Selain itu aspirasi masyarakat yang terhimpun dalam kegiatan reses ini akan menjadi bahan pertimbangan perencanaan agar pada pelaksanaannya perusahaan dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat di daerah. Reses juga dihadiri Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Empat Lawang, Camat Pendopo, Kapolsek Pendopo, Kades Pendopo, Pendopo Barat serta Sikap Dalam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *