oleh

Rapat Koordinasi Persiapan PEDA KTNA XVI Sekaligus Peninjauan Lokasi Gelar Teknologi Pertanian

SUARAEMPATLAWANG.COM

Pekan Daerah (PEDA) KTNA merupakan suatu agenda yang dilakukan setiap dua tahun sekali merupakan forum pertanian petani dan nelayan yang diselenggarakan oleh panitia Provinsi. Untuk Empat Lawang ini pertama kali akan menjadi tuan rumah event berskala Provinsi yang akan dihadiri oleh kontingen dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di provinsi sumatera selatan.

Kabupaten Empat Lawang akan menjadi tuan rumah PEDA KTNA ke-16 tahun 2025 mendatang. Berbagai persiapan telah dan akan terus dilakukan oleh panitia PEDA.

Dalam rangka persiapan sebagai tuan rumah, Dinas Pertanian melakukan rapat koordinasi dengan KTNA  dan Pemuda Tani Kabupaten Empat Lawang. Hadir dalam rapat ketua KTNA Kabupaten Empat Lawang, Ketua Pemuda Tani Kabupaten Empat Lawang dan pengurus KTNA Kecamatan.

“Selama ini kita sebagai peserta dengan mengirim perwakilan, ditahun 2025 kita akan menjadi tuan rumah, tentu ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi kita semua” ucap Indra Lezi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Kamis (7/3).

Menurut Indra Lezi PEDA KTNA diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemandirian kontak tani nelayan andalan (KTNA) sebagai pelaku utama dalam sistem penyuluh pertanian dan pelaku usaha agribisnis. Hal ini sejalan dengy visi misi dan tujuan Pusat Pengembangan Pelatihan Pertanian Terpadu (P4T) yaitu mewujudkan pembangunan pertanian yang modern, tangguh dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangkaian kegiatan PEDA KTNA terdapat Gelar Teknologi Pertanian yaitu kegiatan menampilkan inovasi teknologi unggulan berbagai komoditas pertanian. Pada PEDA KTNA XVI di Empat Lawang, Gelar Teknologi akan dipusatkan di kawasan P4T.

Sebagai pusat pengembangan pelatihan pertanian yang ada di Empat Lawang, P4T mulai memperlihatkan geliat kemajuan, beberapa fasilitas seperti ruang pelatihan lengkap sarana pendukung dan listrik sudah mulai beroperasi.

“Rapat hari ini dilaksanakan di salah satu ruang pelatihan yg ada di P4T dengan mengundang ketua KTNA, Ketua Pemuda Tani serta pengurus KTNA Kecamatan” sambungnya.

Ditahun 2024 ini, Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang menjalani kerja sama dengan Universitas Bengkulu untuk membangun greenhouse (rumah kaca) tanaman buah Melon di P4T.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *