oleh

Tidak Ada Yang Berani Lawan, JONCIK MUHAMMAD Berpeluang Jadi Calon Tunggal Pilkada Empat Lawang

SUARAEMPATLAWANG.COM

Dengan telat ditutupnya penerimaan berkas pencalonan Bupati maupun Wakil Bupati jalur perseorangan atau Independen oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang membuat Dr. H. JONCIK MUHAMMAD kemungkinan besar akan melawan kotak kosong pada Pilkada yang akan dilaksanakan November 2024 mendatang.

Secara kalkulasi dukungan partai politik terhadap pencalonan Pria dengan 5 gelar di pundaknya ini akan menutup peluang calon lain untuk mendapatkan dukungan dari Partai Poltik (Parpol) yang ada di empat lawang.

Dilihat dari perolehan suara pada Pileg Februari lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) yang membesarkan JONCIK MUHAMMAD berhasil meraih 42,85 persen (15 kursi DPRD Kabupaten Empat Lawang). Ditambah Partai Demokrat yang telah memberikan surat tugas pencalonan JONCIK MUHAMMAD membuat dukungan terhadap dirinya telah mencapai 57,14 persen. Dimana Demokrat mendapat 14,28 persen (5 Wakil di DPRD).

Belum lagi jika skenario yang dibuat berjalan lancar, PDIP dengan 7 keterwakilan di DPRD (20 persen suara) yang diisukan mengisi jabatan Wakil Bupati tentunya akan membuat partai-partai lain berpikir seribu kali memberikan dukungan untuk melawan Pelopor Keamanan Desa di Sumatera Selatan JONCIK MUHAMMAD.

Hanya dengan 3 partai tersebut jumlah dukungan terhadap JONCIK MUHAMMAD sudah mencapai 77,14 persen. Tersisa 22,86 persen, yaitu Golkar yang mendapat 3 kursi (8,57 persen), Gerindra 2 kursi (5,71 persen), PKB 2 kursi (5,71 persen) serta PKS 1 kursi (2,85 persen).

Melihat kepiawaian JONCIK MUHAMMAD bukan tidak mungkin, PKB dan Gerindra juga nantinya akan memberikan dukungan kepada JONCIK MUHAMMAD. Posisi mentereng yang diemban JONCIK sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional tentunya punya strategi dalam mendapatkan dukungan dari Parpol sahabat.

Politik tukar guling dukungan kemungkinan besar terjadi, PAN bisa saja memberi dukungan kepada PKB maupun Partai lainnya di Pilkada luar Kabupaten Empat Lawang, contoh Muara Enim atau Kabupaten tetangga lainnya. Dengan imbalan Partai tersebut memberi dukungan kepada JONCIK MUHAMMAD di Pilkada Kabupaten Empat Lawang. Kita tunggu saja sepak terjang JONCIK MUHAMMAD dalam meraih dukungan dari Parpol seperti PKB, Gerindra, Golkar maupun PKS. (Penulis Kurniawan).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *