oleh

DPRD Lahat Gelar Paripurna Pertanggung Jawaban Bupati

SUARAEMPATLAWANG.COM

DPRD Lahat menggelar rapat paripurna VIII Masa Persidangan kedua tahun persidangan 2023 dalam rangka membahas laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Lahat Akhir tahun anggaran 2022, Jumat(24/03).

Dalam pembukaan rapat oleh Wakil Ketua Gaharu yang didampingi Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi dan Wakil Ketua Sri Marhaeni Wulansih menyampaikan bahwa rapat ini dalam rangka membahas laporan keterangan pertanggung jawaban LKPJ Bupati Lahat akhir tahun anggaran 2022.

LKPJ merupakan laporan pertanggung jawaban kepala daerah kepada DPRD yang berupa informasi penyelenggaraan selama satu tahun anggaran yang disampaikan oleh kepada daerah kepada DPRD dalam rangka paripurna.

“Kami sampaikan laporan yang di sampaikan oleh kepala daerah berarti telah memenuhi amanat peraturan daerah yang dimaksud yang selanjutnya LKPJ yang telah di sampaikan oleh kepala daerah tersebut akan di nilai secara internal sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” kata Gaharu.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang dalam menyampaikan laporan LKPJ mengatakan mempedomani peraturan daerah yang ada yang mengamanatkan bahwa laporan pertanggung jawaban LKPJ di sampaikan kepada DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Di sampaikanya juga penjelasan secara rinci tentang tekhnis penyampaian laporan pertanggung jawaban tersebut yang diamanatkan dalam perundang-undangan dan di sampaikan pada tanggal 23 Maret 2023. Kemudian laporan tentang pertanggung jawaban LKPJ ini merupakan laporan yang bertransformasi penyelenggaraan pemerintah daerah pada kondisi nyata selama satu tahun.

“Dalam laporanya memuat tentang realisasi rencana dan kegiatan kepala daerah berikut perangkat daerah dalam tugas pemerintahan daerah serta kegiatan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan pembangunan secara umum telah sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku dalam implementasinya telah mengalami peningkatan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.” Kata Cik Ujang.

Turut hadir dalam acara ini Hariyanto, Sekda Lahat Chandra, anggota DPRD Kabupaten Lahat, Forkopimda Kabupaten Lahat atau yang mewakili, para kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Lahat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Camat se-Kabupaten Lahat serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *