oleh

Himbau Masyarakat Tidak Membuka Lahan Dengan Cara Membakar

SEL EMPAT LAWANG – Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) manghimbau warga masyarakat Kabupaten Empat Lawang untuk tetap waspada disaat musim kemarau agar terhindar dari Karhutla.

“Memasuki musim kemarau ini agar terhidar dari karhutla di Kabupaten Empat Lawang diminta warga tidak mumbuka lahan dengan cara membakaŕ hutan,” ujar Kepala BPBD Empat Lawang Kuswinarto SE MM, diruang kerjanya, Rabu (12/8/200).

Menurutnya, jika di tahun – tahun sebelumnya, apabila disaat musim kemarau tiba, maka kondisi indentik dengan kebakaran hutan dan lahan serta mengalami kekeringan.

“Kita tetap waspada agar Kabupaten Empat Lawang terhindar dari karhutla. Sebab dapat membahayakan masyarakat banyak, dampak kerugiannya banyak,” imbunya.

Dikatakannya, sebenarnya Karhutla ini kerap terjadi karena masyarakat banyak yang membuka lahan dèngan cara membakar hutan dan lahan.

“Ya kita terus sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan denagan cara membakar lahan, masyarakat terus kita edukasi,” terangnya.

Masih kata Win, dia berharap Kabupaten Empat Lawang tidak ada titik spot api kebakaran hutan. Harapan itu menurutnya dinyatakan karena apabila terjadi kebakaran besar maka kabut asap menjadi tebal sehingga dapat menganggu kesehatan dalam hal ini pernapasan.

Sementara, Kapolres Empat Lawang AKBP Wahyu SIK mengatakan, di Empat Lawang sudah ada  beberapa titik yang termonitor. Namun pihaknya sudah menangulangi.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi titik kebaran itu, kita berharap tidak ada lagi ditemukan titik titik kebakaran itu,” ungkap Wahyu. (20)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *